•  
  • GO GREEN
Senin, 01 November 2010 - 08:43:58 WIB
Indikator Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 10312 kali

Average Hourly Earnings

Tingkat pertumbuhan antara tingkat rata-rata per jam dalam satu bulan dan tingkat pertumbuhan upah, sehingga dapat pula dijadikan indikator inflasi. Tingkat per tahunnya juga penting disimak untuk memberikan gambaran trend jangka panjang. Jika Average Hourly Earnings Growth Naik maka nilai mata uang Negara yang bersangkutan akan naik.
 

ABC Consumer Confidence
Adalah survey kepercayaan konsumen yang dirilis oleh lembaga riset swasta Redbook Research. Dengan skala rating berkisar mulai dari -100 hingga +100, survey ini memiliki fungsi yang sama dengan survey-survey kepercayaan konsumen lainnya.

 
Trade Balance
Secara singkat, Trade Balance merupakan selisih antara jumlah ekspor dan impor. Biasanya Trade Balance tidak menyertakan barang tak kelihatan atau jasa (invisbles), dan hanya neraca dari barang-barang perdagangan (Merchandise Trade).

Trade Balance = Export Goods - Import Goods


Apabila nilai ekspor lebih daripada nilai impor, maka Trade Balance dikatakan surplus dan begitu pula apabila terjadi sebaliknya maka akan menghasilkan Trade Balance yang defisit.
Peningkatan Trade Surplus atau penurunan Trade Deficit lebih memberikan gambaran yang baik bagi perekonomian suatu negara, tetapi peningkatan Trade Deficit atau menurunnya Trade Surplus menyatakan suatu kondisi yang kurang disukai

Akibatnya :
Trade Balance Deficit, Dollar melemah
Trade Balance Surplus, Dollar menguat

Invisible Trade
Suatu istilah bagi ekspor dan impor perdagangan sektor jasa, yang membedakan pengertian dari Merchandise Trade (Visible Trade). Jasa usaha kegiatan pariwisata, perbankan,asuransi, transportasi dan lain-lain.
Neraca Invisble Trade dapat dihitung sebagai selisih antara nilai ekspor atau sektor jasa dengan nilai impor sektor jasa.

Current Account
Neraca bersih dari pembayaran-pembayaran interbasional suatu negara yang berasal dari ekspor dan impor jasa digabung dengan pemindahan-pemindahan sepihak (contoh hadiah-hadiah atau pengiriman uang dari warga negara yang bersangkutan yang berada diluar negeri), tetapi tanpa menyertakan perhitungan atas terjadinya lalu lintas modal.

Capital Account
Penerimaan-penerimaan sejumlah uang yang berupa seluruh valuta asing dikurangi pembayaran-pembayaran berupa seluruh valuta asing untuk transaksi-transaksi dari lalu lintas keuangan baik dalam jangka panjang maupun pendek. Secara umum, lalu lintas kapital biasanya dikaitkan dengan investasi dalam bentuk aset fisik,saham atau dengan deposito jangka pendek

Balance of Payment ( Neraca Pembayaran)
Suatu laporan sistematik atas transaksi-transaksi ekonomi dalam suatu kurun waktu tertentu antara suatu negara dengan negara-negara lain dibelahan dunia. Laporan ini meliputi penghasilan-penghasilan dari lalu lintas sumber-sumber riil, perubahan-perubahan dalam hutang-hutang dan aset yang dimiliki suatu negara yang berasal dari transaksi -transaksi ekonomi dan transfer (pemindahan-pemindahan) yang tidak dikembalikan. Transaksi-transaksi ekonomi yang dimaksudkan Neraca Balance of Payment dapat dikelompokkandalam beberapa cara sehingga jelas.
Bagaimanapun juga dalam cara penggunaan yang biasa "Balance of Payment" sering berarti sebagai (1) Balance of Payment atas Current Account, atau (2) Current Account ditambah perubahan-perubahan kapital tertentu. Neraca dasar atau The Basic Balance menyertakan perhitungan Current Account ditambah perubahan-perubahan kapital jangka panjang, sebagai suatu contoh.

Industrial Production
Merupakan standard perhitungan output dari industri-industri Amerika Serikat, dikurangi sektor listrik dan gas. Outputnya ditanyakan dalam persentasi berdasarkan produksi tahunannya. Data secara umum (tingkat inflasi) dari sudut pandang penawaran.
Dimana apabila produksi ini dalam kondisi menurun ,maka FED akan enurunkan tingkat suku bunga untuk mendorong perekonomian.
Industri meningkat, Dollars menguat
Industri Menurun, Dollars melemah

Factory Orders
Merupakan julah keseluruhan dari order pembelian baru yang diterima pabrik-pabrik untuk periode tertentu, sebagai contoh periode bulanan. Data ini juga memberikan perhitungan atau gambaran bagaimana retailer dan eksportir memenuhi kebutuhan konsumennya pada periode yang akan datang, berdasarkan order yang mereka buat pada periode sekarang. Selain itu data Factory Orders juga menyajikan isyarat mengenai pertumbuhan ekonomi beberapa minggu berikutnya.
Factory Order meningkat, Dollars menguat
Factory Order menurun, Dollars melemah

Producer Price Index (PPI Input)
Index ini mengukur perubahan harga dari bahan-bahan mentah yang digunakan dalam proses industri manufacturing. Index yang lebih rendah lebih disukai olhe industri manufacturing. Index yang lebih rendah lebih disukai oleh industri manufactur ( dan juga bagi perekonomian) apabila ditinjau dari segi biaya produksi yang harus dikeluarkan

Producer Price Index (PPI Output)
Index ini mengukur level perubahan harga pada barang-barang setengah jadi dari barang jadi yang dihasilkan oleh industri manufactur. Index ini lebih rendah pula sehingga dapat membantu inflasi.
Dengan teori yang sama, index yang lebih tinggi memberikan indikasi meningkatnya tekanan inflasi
PPI (Input/Output) menurun, Dollars menguat
PPI (Input/Output) menguat, Dollars melemah

Bisnis Inventory
Barang-barang hasil produksi yang tidak terkonsumir pada suatu wilayah atau negara. Data ini manyajikan indikasi mengenai permintaan barang-barang industri dan tingkat output yang mungkin diproduksi pada periode berikutnya.
Data inventori yang lebih tinggi menggambarkan tingkat permintaan pasar yang rendah sehingga kurang baik pertumbuhan ekonomi negara yang bersangkutan. Begitu pula sebalikanya yang terjadi apabila data invetori tersebut memberkan aktualisasi yang lebih rendah akan makin menguntungkan tingkat pertumbuhan ekonominya.

Retail Sales
Data ini mencerminkan jumalh penjualan keseluruhan dari pengecer hingga ke konsumen akhir dari barang-barang yang diperdagangkan. Jumlah keseluruhan tersebut juga menunjukkan suatu tingkat permintaan didalam suatu negara.

Retail Sales Index
Index ini dimaksudkan untuk mengukur perubahan tingkat harga dari barang-barang akhir industri manufaktur sebelum barang -barang tersebut dikonsumsi. Index ini juga penting untuk mengetahui laju inflasi

Consumer Price Index (CPI)
Index ini dimaksudkan untuk mengukur biaya hidup, yang diukur dari perubahan tingkat harga sekelompok barang-barang dan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen untuk mencapai suatu standard hidup tertentu. Pengukuruan tingkat inflasi lebih sering menggunakan data CPI ini.
Consumer Price Index menurun, Dollars menguat
Consumer Price Index meningkat, Dollars menurun

Whosales Price Index (WPI)
Merupakan kombinasi dari index komoditi-komoditi industri dan komoditi-komoditi pertanian. Dengan kata lain, index tersebut dimaksudkan untuk menjelaskan tingkat harga dari seluruh komoditi.

Unemployment Rate
Tingkat persentase tenaga kerja produktif yang tidak mendapatkan pekerjaan. Kasus ini sering didapat tingkat pengangguran yang rendah terjadi dalam ekonomi suatu negara yang sedang berkembang pesat dan suatu tingkat pengangguran yang tinggi terjadi dalam ekonomi suatu negara yang sedang berkembang lamban atau menurun
Unemployment Rate meningkat, Dollars melemah
Unemployment Rate menurun, Dollars menguat

Non Farm Payrolls
Merupakan perhitungan jumlah atas tenaga kerja bukan pertanian yang bertambah atau berkurang dalam suatu periode waktu tertentu, biasanya pada setiap bulannya
Data ini merupakan indicator penting bagu pengukuran trend ekonomi suatu negara

Non Farm Payroll meningkat, Dollar menguat
Non Farm Payroll menurun, Dollars melemah

Non Farm Production
Merupakan perhitungan jumlah hasil pertanian dalam suatu periode waktu tertentu, biasanya pada setuap bulannya.

Official Reserves

Cadangan-cadangan berupa mata uang dan emas yang dipertahankan oleh kementrian Treasury atau Bank Sentral. Dimana hal itu dipergunakan untuk memberikan suatu dasar bagi penciptaan kredit-kredit bagi bank-bank komersial, menambah dan mengurangi pertumbuhan money supply dan berbagai operasi pasar seperti tindakan pembelian atau penjualan suatu mata uang khusus dalam pasar mata uang
Kecenderungan yang perlu diperhatikan dalam cadangan-cadangan tersebut yang merupakan hasil bersih dari peminjaman-peminjaman dan pembayaran-pembayaran kembali, kadang-kadang dilihat oleh pasar-pasar keuangan sebagai suatu indikasi intervensi Bank Sentral dalam pasar uang.

Durable Goods Order (DGO)
Indikator ini diartikan sebagai barang-barang yang mempunyai ketahanan 3 (tiga) tahun atau lebih. Contohnya barang-barang logam, peralatan listrik dan peralatan non listrik serta jenis-jenis transportasi.
Meningkatnya sektor Durable Goods Orders akan mendorong kegiatan ekonomi sehingga akan meningkatkan permintaan kredit dan konswekwensinya akan menaikkan tingkat suku bunga.

Durable Goods Order meningkat, Dollars menguat
Durable Goods Order menurun, Dollars melemah

Housing Starts
Indikator ini mencerminkan jumlah total unit perumahan yang dihasilkan pada periode waktu tertentu. Dimana meningkatnya sektor perumahan akan mendukung pertumbuhan perekonomian dan permintaan kredit, sehingga FED berusaha untuk mengetatkan kebijaksanaan moneternya dengan menaikkan tingkat suku bunga.

Housing Start meningkat, Dollars menguat
Housing Start menurun, Dollars melemah

Leading Indicator
Merupakan modal perkiraan mengenai pertumbuhan perekonomian waktu mendatang, dimana apakah dalam kondisi meningkat atau sebaliknya
Leading Indicator meningkat, Dollars menguat
Leading Indicator menurun, Dollars melemah

Money Supply (Peredaran Mata Uang)
Definisi definisi Money Supply meliputi pengertian-pengertian sebagai berikut :
M1 , peredaran kertas-kertas berharga (seperti giro) mata uang yang dimiliki oleh masyarakat bukan bank
M2, M1 + deposito-deposito berjangka bank komersial dikurangi sejumlah besar sertifikat deposito yang dapat dipindahtangankan
M3 , M2 + deposito-deposito dari lembaga-lembaga keuangan lainnya

Jika sebuah Bank Sentral menambah target Money Supply, maka tingkat bunga akan paling mungkin untuk diturunkan. Dilain pihak jika target Money Supply dikurangi, maka tingkat suku bunga akan paling mungkin dinaikkan

Personal Income
Merupakan rata-rata pendapatan bersih individu, lembaga non-profit dan lembaga-lembaga keuangan pribadi dalam suatu negara, yang sudah diperhitungkan dengan pengurangan atas pembayaran pajak-pajak yang dikenakan. Perubahan dari Personal Income secara mendasar dipengaruhi oleh hasil dari perubahan gerakan tingkat upah keuntungan-keuntungan perusahaan dan kebijakan-kebijakan perpajakan
Personal Income meningkat, Dollars Menguat
Personal Income menurun, Dollars melemah

Corporate Profit
Merupakan perubahan rata-rata dari keuntungan perusahaan-perusahaan. Suatu tingkat Corporate Profit yang lebih tinggi berarti suatu pendapatan tahunan investasi yang lebih tinggi. Hal itu juga berarti bahwa pemerintah menerima lebih banyak pendapatan dari sektor pajak

Gross Market Product (GDP)
Gross Market Product adalah nilai dari keseluruhan produk, pendapatan atau pengeluaran suatu negara yang dihasilkan dalam batas-batas fisik negara.

FED Discount Rate
FED Discount Rae merupakan tingkat suku bunga riil yang diberikan Bank Sentral berupa surat berharga.

FED Discount Rate meningkat, Dollars menguat
FED Discount Rate menurun, Dollars melemah

Jobless Claims
Indikator ini memberikan indikasi berapa jumlah orang yang memerlukan pekerjaan, dimana dengan tingginya Jobless Claims memberikan indikasi bahwa perekonomian dalam kondisi melemah dan mengakibatkan tingginya tingkat Unemployment Rate

Jobless Claim meningkat , Dollars melemah
Jobless Claim menurun, Dollars menguat

   

http://www.bengkelforex.com/index.php?option=com_content&view=article&id=2:bengkelforex-indikator-ekonomi&catid=2:artikel&Itemid=2



    0 Komentar :


    Isi Komentar :
    Nama :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)